Selasa, 27 Maret 2012

MUSIC VS PESANTREN

Oleh : Kumala ayu

MUSIC VS PESANTREN

Siapa yang tidak kenal dengan musik? Semua orang adalah penikmat musik walaupun aliran orang satu dengan yang lain adalah berbeda. Musik terdiri dari banyak aliran, seperti jazz, pop, rock, soul, dan sebagainya. Di Indonesia ada aliran musik asli Indonesia, yaitu Dangdut.
Semua orang menyukai music,bahkan kita yang ada dalam lingkungan ponpes juga menyukainnya. Banyak yang berpendapat bahwa musik adalah sesuatu yang memberi warna dalam kehidupan ini. Dan musik adalah salah satu cara untuk mengepresikan diri. seperti yang kita ketahui kemarin, group band SLANK yang dulu sempat popular di Indonesia datang ke ponpes kita tercinta, mereka melakukan perjalanan spiritual bertujuan untuk bertaubat bersam ki ageng ganjur . meningkatnya popularitas music barat di kalangan kita juga akan membuat music islami semakin tersingkir..ditambah dengan adanya hantaman jaman modern yang semakin keras,kita hampir melupakan kebudayaan yang kita miliki karena asik melirik kebudayaan bangsa asing yang masuk ke Indonesia.saya yakin di antara kita akan ada banyakyang begitu hafal lagu indo maupun barat tapi tidak hafal dengan lagu islami , lantas akankah kita benar2 melupakan kebudayaan yang kita milikii???
Ada pula yang menyebutkan music haram dalam kalangan pesantren.Dari sini dapat disimpulkan bahwa music sebagai sebuah media untuk menyuarakan sebuah pendapat atau pandanagan seseorang kepada msyarakat luas. Tapi terkadang, suara yang disuarakna mendapat tentangan cara penyampaiannya dari pendengarnya. Hal ini dikarenakan sudah hilangnya rasa saling menghargai antar sesama. Banyak juga yang menyebabkan sebuah pertikaian hingga perpecahan dalam hal penyampaian suara ini. Jika di kritisi, dimana hak seseorang untuk mendapat sebuah penghargaan dari apa yang dia sampaikan? Bukankah semua orang mendapatkan hak untuk berbicara? Indonesia negara yang demokrasi, kan?
Jangan jadikan musik sebagai landasan perpecahan, jangan jadikan diri kita sebagai pelopor dari kerusakan kebudayaan ini. tetap semangat dalam belantika music tanpa melupakan kebudayaan sendiri,..!!!!


_________________________
I added cool smileys to this message... if you don't see them go to: http://s.exps.me>

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Kumala ayu blog. Template Design By: SkinCorner